Selasa, 20 Agustus 2013

Strategi Jokowi dalam Kancah Politik Nasional



By : Putranto Argi N


Strategi Jokowi dalam Kancah Politik Nasional
Joko Widodo adalah tokoh nasional yang sedang naik daun menjadi idola rakyat kecil. Banyak sekali trobosan-trobosan baru yang membuat joko widodo atau yang dikenal jokowi menjadi buah bibir masyarakat. Dimulai karir sebagai walikota solo selama tujuh tahun antara tahun 2005-2012. Dia membuat terobosan-terobosan baru yang membuat wajah baru kota solo semakin ramah,dia memiliki kemampuan dalam perancangan tata kota yang begitu bagus. Dia membuat kota solo menjadi nyaman dengan banyaknya tumbuhan-tumbuhan hijau, karena jokowi menginginkan kota solo bagaikan kota penuh dengan kebun.
Kemudian penataan pasar yang begitu tepat, seperti perelokasian PKL dipinggir jalan dengan cara yang halus atau tidak dengan paksaan sehinga dapat diterima dengan baik oleh semua pihak, kemudian pembangunan kota solo dengan renovasi 30-an pasar tradisional agar dapat bersaing dengan pasar modern, serta dapat menambahi pemasukkan kas daerah kota Solo.Prestasi yang gemilang indonesia ,yang baru-baru ini adalah penciptaan mobil oleh tangan anak bangsa yaitu mobil kiat smk. Dan jokowi mengunakan mobil tersebut sebagai mobil dinasnya sebagai contoh cintanya kepada produk dalam negeri. Yang membuatnya semakin populer,bahkan masuk nominasi walikota terbaik di dunia oleh City Mayor Foundation yang membuat namanya semakin melambung. Dengan penampilan yang sederhana dan ramah,tidak jarang membuat orang terkejut,kaget bahwa dialah walikota solo, yang biasanya para pejabat indonesia identik dengan penampilan yang mewah.
 Kemudian di tahun 2012 jokowi ikut serta dalam pemilu gubernur DKI jakartadan seperti biasa ia memiliki lawan-lawan yang begitu ketat. Dan yang paling memilukan bahwa,dia terkena black campaing isu sara. Tetapi jokowi tetap santai dalam menjalani segala rintangan yang ada. Dengan kepintaran dan kecerdikanya, jokowi malah dapat membalikkan segala tuduhan yang tidak benar kepada dirinya dan membuat rakyat jakarta merasa bahwa jokowi adalah pemimpin yang tepat bagi jakarta. Dan akhirnya jokowi memenangkan pemilu gubernur jakarta. Dilihat dari sosial masyarakat jakarta,memang sangat kritis dan penuh pertimbangan dalam memilih calon,disamping itu juga mereka berbagai multikultural ,sehingga dapat dipastikan mereka akan memilih jokowi yang cenderung nasionalis ,sehingga dapat mengayomi segala perbedaan yang ada.
 Sangat jelas bahwa rakyat sangat senang pemimpin yang sederhana, ramah dan sering turun ke lapangan untuk melihat berbagai masalah yang dihadapi dan dapat memberikan solusi yang dihadapi masyarakat sekitar. Jadi inti kesimpulan dari kepemimpinan yang baik tidak harus garang, mewah, sombong dan galak. Namun dapat diganti dengan keramahan , kesederhanaa dan  memberikan solusi yang nyata bagi masalah negara, maka itulah pemimpin yang diharapkan sekarang ini.Bisa jadi jika figur jokowi dapat mempertahankan pamor seperti ini terus, maka tidak dipungkiri jokowi akan dapat menjadi calon presiden 2014 dan bisa jadi memenangkan pemilu dan menjadi presiden indonesia berikutnya ,dikarenakan telah naiknya pamor dimata masyarakat secara luas.
Oleh sebab itu politik begitu dinamis dan sesuai dengan jalannya kabutuhan dan waktu di dalam masyarakat. Jokowi adalah salah satu orang yang membawa harapan perubahan bagi indonesia ke depan, dan juga masih banyak orang seperti beliau suatu saat nanti seperti beliau.Politik begitu dinamis dan sewaktu-waktu selalu berubah sesuai jaman dan dimana masyarakat itu hidup. Suatu saat akan pasti ada yang tengelam dan akan ada yang tumbuh, begitulah politik mengikuti kemana arah masyarakat itu pergi.



Daftar Pustaka

Hari,Laksono,2012,Jokowi-Basuki Menangi Pilkada DKI Putaran II ,http://megapolitan.kompas.com/read/2012/09/28/1724329/Jokowi-Basuki.Menangi.Pilkada.DKI.Putaran.II  , diakses pada tanggal 5 desember 2012.

Muhammad,Goenawan.(2012).Indonesia 2014:Calon Presiden Kita. No.1 Edisi Desember 2012.

Subakti,A,Sidik,2005,KemenanganIniTakTerkaiUang,http://www.suaramerdeka.com/harian/0506/28/slo02.htm, diakses pada tanggal 5 desember 2012.

Wahono,tri,2012,Jokowi: Saya Bangga Gunakan Mobil Rakitan Anak-anakSMK,http://nasional.kompas.com/read/2012/01/02/21113765/Jokowi.Saya.Bangga.Gunakan.Mobil.Rakitan.Anak-anak.SMK , diakses pada tanggal 5 desember 2012.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar