Rabu, 21 Agustus 2013

Sihir Yang Mengkafirkan




Sihir Yang Mengkafirkan 
By: Putranto Argi N


Asik ,itulah yang ada di benak kita jika menonton sulap di televisi maupun di pentas acara secara langsung. Sulap atau sihir akan membuat kita kagum akan hal yang mustahil dalam kehidupan kita,seperti menghilangkan orang dalam sekejab,menganti baju dalam sekejab,berjalan di atas danau,terbang di atas langit tanpa bantuan tali dan semua itu tidak dapat dinalar dengan logika.Ada yang mengunakan trik dalam mengelabui mata penonton tetapi ada juga yang tidak dapat di nalar manusia”seperti kekuatan gaib yang membantu pemain dalam aktrasinya.
Sihir banyak sekali jenisnya mulai dari santet,ramalan,sulap dan sebagainya yang dilakukan oleh paranormal atau yang lebih dikenal dengan istilah dukun. Bahkan  banyak sekali anggapan masyarakat jika sihir juga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia mulai dari masyarakat desa hingga kota seperti pengobatan tradisional,transfer bioenergi,penggalian jati diri,ruwat,ilmu khodam,daya laduni dan sejenisnya. Saat  ini sangat marak di negeri kita tokoh-tokoh supranatural yang cukup terkenal,bahkan banyak iklan yang menawarkan hal seperti itu,bahkan di media massa yang terkenal sekalipun,sehingga banyak orang sangat menyanjung orang sakti sebagai media langsung kepada tuhan. Bahkan banyak umat muslim sangat percaya akan kekuatan gaib,yang didasarkan pada ajaran nenek moyang,sehingga seakan-akan masa depan,rejeki,keberuntungan detentukan oleh  paranormal. Sesungguhnya tentang sihir telah tertulis dalam Al-Quran seperti:
Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), akan tetapi syaitan-syaitan itulah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang Malaikat di negri Babil, yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan, Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir. Maka, mereka mempelajari dari kedua Malaikat itu apa yang dengan sihir itu mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorang pun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang memberi mudharat kepada mereka dan tidak memberi manfaat. Sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (Kitabullah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan diakhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya sendiri dengan sihir, kalau mereka mengetahui". [Al-Baqarah: 102]
Dalam ayat ini kita tahu bahwa penyihir mengunakan kekuatan setan dan dia tidak akan masuk surga,dengan kata lain dia telah kafir. Dapat disimpulkan bahwa sihir ialah dosa yang amat besar bagi yang melaksana ajaran-ajaran setan. Kita akan mengira bahwa hal tersebut adalah lumrah dan tidak masalah dalam kehidupan dunia dan akhirat. Kita sebagai umat islam harus lebih teliti akan hal lumrah atau tidak,sesuai aturan atau tidak dalam memahami agama islam lebih dalam. Sosialisai ilmu islam sangatlah penting bagi umat islam itu sendiri dalam pemahaman islam dan harus dilaksanakan oleh para pemimpin negara ,tokoh masyarakat dan masyarakat. Jika keadaan seperti ini dibiarkan  terus-menerus maka akhlak bangsa ini semakin rusak.
Bangsa indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak yaitu 250 juta dan menduduki peringkat ke 4 penduduk dunia. Mayoritas penduduknya beragama muslim atau sekitar 80% dari total semuanya. Tapi dalam pemahaman dan pelaksanakaan Al-Quran dan hadist belum begitu sunguh-sunguh bahkan ada yang tidak paham apa yang dimaksud dengan agama islam itu sendiri. Sulap atau sihir sudah ada sejak jaman dahulu,seperti jaman firaun yang mengunakan sihir untuk melawan ajaran nabi musa. Maka dari itu sihir adalah kegiatan yang menyekutukan allah sebagai pemilik kekuatan yang utama. Sehingga bahwa setan mengajarkan manusia akan sihir kepada manusia untuk menyesatkan umat manusia,semua itu telah ada dalam Al-Quran.seperti pada ayat ini :
Dan Nabi Sulaiman tidaklah kafir, akan tetapi para syaitan lah yang kafir, mereka mengajarkan sihir kepada manusia” (Al Baqarah : 102)
Jadi yang menjalankan atau melaksanakan sihir dialah termasuk kafir,karena mengikuti perintah setan. Al-Quran telah menjadi pedoman yang jelas dan komplit bagi umat manusia di seluruh dunia. Sihir adalah tindakan yang sangat buruk dan harus dihancurkan dari muka bumi ini. Tetapi tidak mungkin jika kaum muslim tidak memahami Al-Quran sebagai pedoman,hanya dibaca dan dihafal tanpa tau makna yang sesungguhnya.



Daftar Pustaka

Abdurrahman ,Abu Usamah, Sihir di Sekitar Kita,http://asysyariah.com/sihir-di-sekitar-kita.html, diakses pada tanggal 6 November 2012.


Nur Fauzi,Hanif,2010, Sihir dalam PandanganIslam,http://buletin.muslim.or.id/aqidah/sihir-dalam-pandangan-islam,diakses pada tanggal 6 November 2012.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar